Pasang iklan langsung, cepat dan gratis. New Fair System, bagi-bagi keuntungan.

Kamis, 08 Januari 2009

TINGKAT KEPEDULIAN


BEberapa waktu yang lalu gw sempet nanya ke temen2 gw setelah hampir 3,5 taon kita kuliah bareng. Pertanyaan yg gw ajukan cukup sederhana, yaitu:

MENURUT KAMU SEBERAPA BESAR SIH TINGKAT KEPEDULIAN AKU KE TEMEN2? KALO DI KASI SKOR 10-100 SKOR BUAT AK BERAPA?

Jadilah gw mencari2 siapa aja orang2 yang kira2 bakal gw tanyain (pastinya yg sering interaksi ma gw). Hari itu gw n temen2 lagi duduk did pan ruang kuliah, seperti biasa kita ngobrol berkelompok2 gitu. Pada saat itu, yang dideket gw anum (temen gw dari kelas 2 SMP ampe kuliah), trz pas gw liat dy lagi ga melakukan aktivitas apapun gw (dengan wajah yg agak serius) mencoba bertanya tentang tingkat kepedulian gw.

Gw: num, kalo menurut kamu seberapa besar sih tingkat kepedulian aku ke temen2? kalo di kasi skor 10-100 skor buat ak berapa?

Anum: (agak bingung sambil ngeliat wajah gw) tingkat kepedulian i2 maksudnya gimana?

Gw: ya….kepedulian dalam arti luas termasuk perhatian dan temen2nya.

Anum: Mmmm…..berapa ya??? (nunduk sambil berpikir)

Gw: terus ngeliatin ekspresi dy, agaknya dy susah mau ngasih skor gw

Anum: kayaknya sekitar 60 nggun.

Gw: (shock,tp gw te2p berusaha mempertahankan ekspresi gw) O…..60 ya num….

Anum: tapi gak tau juga deng nggun

Gw: yawdah deh…

Terus terang gw ga nyangka skor gw cm 60,cz menurut gw, gw ini cukup care ma temen2 gw, apalagi gw ma anum kan dah kenal lama. Jadi, gw penasaran pengen Tanya ma yg laen. Kebetulan dayang ( temen kuliah gw) duduk ga jauh dari t4 gw. Akhirnya gw deketin dy trs gw tanya deh pertanyaan yang gw ajuin ke anum tadi. Dayang agak heran denger gw tiba2 nanya ky gt. Dy sempet ngorek2 kenapa gw naya hal itu, ya gw jawab aja “Cuma pengen ngecek aja kok”. Dayang juga sempet bingung “meraba-raba” skor yang mw dy kasi ke gw. Akhirnya dy jawab juga “ 60 nggun”. Kali ini gw ga bisa menahan ekspresi gw yg keheranan “Kenapa jawaban anum ma dayang bisa sama??”. padahal tadinya gw pikir gw bisa dapet skor yg lebih besar dari dy, ternyata…….

Jadi selama ini tingkat kepedulian gw rendah ya……..

Dalam hati, gw masih gelisah…..gw mw tanya ke yg laen ah….

Gw putuskan bwt nanya ke shinta (temen kuliah gw juga), dan ternyata gw dapet jawaban yg ga jauh beda.

Gw: sin, kalo menurut kamu seberapa besar tingkat kepedulian aku ke temen2? kalo di kasi skor 10-100 skor buat ak berapa?

Sinta: Mmmm ga sampe 70….

Gw: Kalo dari ganis, resti ma aku sapa yg paling peduli?

sinta: Yang aku liat, dari kalian ber3 yang pertama i2 resti, kedua ganis, terakhir baru kamu.

Gw: o..gt. mang selama ini ake gimana?

Sinta: ya anggun tu kalo ada apa2 pasti taunya terakhir, trs kalo udah tau ya udah cuma bilang “O…” ga ngelakuin sesuatu.

Dan gw pun speechless denger jwaban sinta. emang si selama ini gw gt, tapi bukan berarti gw ga peduli, kadang kepedulian gw bukan ditunjukin lewat ekspresi.

Dengan perasaan yang masih agak gimana gitu, gw datengin lah si gondrong alias ganis (temen gw kuliah). Kebetulan dy lagi duduk di ruang kelas sendirian.

Gw: drong, kalo menurut kamu seberapa besar tingkat kepedulian aku ke temen2? kalo di kasi skor 10-100 skor buat ak berapa?

Ganis: 89…

Gw: (wow, gw exited denger jwaban dy, akhirnya…..). Kenapa kamu kasi skor 89?

Ganis: Soalnya lo kaya Cius (temen SMA ganis)

Gw: Tapi kan aku bukan cius?!!!

Ganis: ya gw tu kalo menilai seseorang pake feeling aja, dan biasanya feeling gw bener.

Gw: (berfikir dalam hati….perasaan gw tu termasuk ga terlalu care ma gondrong biasa2 aja, tapi kenapa skor dari dy paling tinggi??? aneh) tadi aku nanya ke anum, dayang, n sinta dan jawaban mereka hampir sama 60. Ko kamu bisa ngasi skor 89?

Ganis: mungkin karena lo plegmatis, lo ga bisa nunjukkin ke-care-an lo jadi keliatannya lo ga care ma mereka

Jadi kesimpulan dari survey ini adalah……………………………………. gw kurang ekspresif. Lagian plegmatis kan susah berekspresi, gimana caranya Gw harus lebih nunjukkin perhatian gw, lebih sering nanya, ngasih respon. Kadang buat nyapa aja gw males.hahahah…..

Yah buat orang2 plegmatis yang baca blog ini……..

MANNA EKSPRESINYA???????

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Hm... Hwahaha... Sang Plegmatis mengontari dirinya sendiri... Tw gk lo? blog lo ni dibaca ma yg punya nama cius... Dengan bangganya dy bilang, "nama gw disebut2 di blog temen lo.." yah, sesama plegmatis sih... Jujur bgt ya lo nyebutin nama kami semua... Tapi gk ap2 ding,,Oy, gwserius loh, waktu blg skor utk lo 89.. Gw tw seberapa care-nya org plegmatis 'model' lo, cz shbt2 gw jg plegmatis.. Klyn cuma kurang ekspresi,mereka yg kurang melankolis munhkin krg paham... Maklumin aja.. He..Hey, what do U think about my blog??

Anonim mengatakan...

Iya.. Ni Cius. Cius yang namanya da di postingan di atas. Cius yang phlegmatis. Cius yang melankolis. Cius dari ciusthedracohenas.wordpress.com. Bener-bener Cius.
Salam melankolis n salam phlegmatis..

"Adalah kata-kata paling hening yang mendatangkan badai. Pikiran-pikiran yang datang pada kaki merpati-merpati membimbing dunia."
Nietzche