Pasang iklan langsung, cepat dan gratis. New Fair System, bagi-bagi keuntungan.

Senin, 12 Januari 2009

yang penting CARANYA...

Posting ini berkaitan dengan posting gw sebelumnya, gimana sih biar omongan lo didenger??

Lo pasti pernah dengar kalo semua yg lo lakuin itu tergantung niatnya. Kalo lo nasehatin seseorang, niat lo apa???
Biar dy berubah dan jadi lebih baik
Biar orang lain tau kalo dy pernah melakukan kesalahan,

Semua itu tergantung cara lo, bisa aja niat lo yg pertama, tapi cara lo salah, jadi ya…niat lo hanya sekedar “niat”.

Kalo alasan lo yg pertama berarti lo harus memahami temen lo tipe orang yg gimana, dy lebih kena kalo lo ngomong 2 the poin atau dengan sindiran2 halus. (kalo gw si lebih suka 2 the poin). Lo harus bisa cari waktu yg tepat, bicara dari hati ke hati…….cari kata2 yg bener2 pas biar dy ga tersinggung atau merasa di sudutkan. Dan ini yang penting, jangan seolah-olah lo jd orang yg paling bener, kadang lo perlu bilang kalo lo juga pernah melakukan kesalahan, atau lo juga pernah ada di possisi dy saat ini, jadi dy ga merasa dy satu2nya orang yg salah.

Tapi ada aja orang yg gaya bicaranya paling bener sendiri…… gw pernah ngalamin. Kalo ada orang yg ga tau mengenai sesuatu hal, dy lgsg berekspresi ngeremehin banget gt, seolah2 dy tuh tau semuanya. Giliran dy ga tau, dy sok2 tau atau ga mau ngaku kalo dy ga tau. Uh…. gw sebel bgt ma org ky gt. Padahal kalo emang temen kita kan wajib ngasih tau apa yang dy ga tau. Gw punya kata2 nih:

“ Seseorang harus diberi pelajaran dengan seolah-olah Anda tidak mengajarinya, dan hal2 yang tidak diketauih diajukan sebagai hal2 yang terlupa”


Jadi balik lagi ke inti pembicaraan, yang penting itu cara lo. kalo seandainya lo nasehatin dy di depan orang lain ya berarti niat lo yg kedua. Lo ngebiarin kesalahan temen lo dibuka didepan orang lain. Padahal seharusnya lo nutupin kesalahan dy kan?! Lo tau ga kalo lo ngebiarin satu orang aja tau tentang kejelekan temen lo maka lo tinggal tunggu waktu aja, cepat atau lambat pasti bakal berkembang kemana2 tuh, apalagi kalo hal2 yg berbau negative, pasti lebih cepet nyebar. Lo harus bisa ngingetin dy sebelum ada orang lain yg ngingetin. Gw pernah baca kata2 bijak, bunyinya:

“JIKA KAMU MENASEHATI TEMANMU DI DEPAN ORANG LAIN, MAKA SAMA SAJA KAMU MEMBUKA AIBNYA”

Wah….mantep kan kata2 nya…… Lo ga mau kan nyebarin aib temen lo sendiri…….?!?!?! Jadi sekali lagi gw igetin semua itu tergantung caranya….

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Hmmm... Untuk siapa posting lo kali ini... Menggelitik hati gw saat gw baca... Agak tersengat juga dengan beberapa kata2 yg lo tulis..
Pertanyaan muncul... Seberapa sering sisi koleris muncul dalam diri seseorang yg tidak koleris??
Seberapa sering seorang koleris menyadari keburukannya dan mengasihani dirinya sendiri???
Pertanyaan yg harusnya dijawab oleh tiap2 individu yg berbeda...
Mau jawab??

anum mengatakan...

UHHUUUK!!! tiba-tiba batuk...

emmmm...gmana ya nggun, koq ngena banget ya?

kalo d depan ord lain curhat kbetulan mslhny sm dia..bukan mo nasehatin gmana?

ghibah...ya..ya tau, tp kadang qta butuh dkungan lebih u bs buat hati in sedikit tenang...

untuk ganis...gan terangin sih maksud ptanyaanny? saya ga mudeng nih!hehe...